opor ayam
Cara Membuat Opor Ayam +  Resep Nya ,Resep Opor Ayam, Opor ayam adalah masakan khas orang indonesia yang sangat enak dan cocok disajikan dalam acara resmi ataupun tidak resmi. Dengan bahan dasar daging ayam yang enak, serta bumbu dapur super mantap membuat opor ayam banyak di sukai. Kehadirannya akan sangat mudah kita jumpai apalagi ketika hari raya idul fitri/lebaran. Pengin tau resep untuk membuat opor ayam yang enak ala caraku? ini dia cara membuat opor ayam. Bila ingin mendapatkan rasa yang lebih waoww,,,, bisa berkreasi dengan kreasi sendiri.

Resep Opor ayam

Opor Ayam yang paling populer memiliki bumbu yang khas. Berikut ini adalah daftar bumbu dan juga bahan yang harus disiapkan dalam membuat opor ayam.
  1. Ayam kampung 1/2 kg
  2. Kelapa untuk membuat Santan
  3. Bawang putih sebanyak 3 siung
  4. Bawang merah sebanyak 11 buah
  5. kemiri sebanyak 5 butir
  6. ketumbar Sebanyak 1/2 sendok makan
  7. Jintan Sebanyak 1/4 sendok makan
  8. Merica Sebanyak 1/4 sendok makan
  9. Laos secukupnya
  10. daun salam dan jeruk nipis
  11. batang sereh
  12. gula dan garam secukupnya
Itulah bahan untuk membuat opor ayam. Berikutnya adalah Cara untuk membuat opor Ayam

Cara Membuat Opor Ayam

Inilah Cara untuk Membuat opor Ayam. Simak baik-baik agar masakan anda bisa enak nantinya.
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, sisihkan. Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam, biarkan air mendidih lagi dan ayam matang, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk purut.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ke dalam panci berisi ayam rebus, aduk rata. Berikutnya adalah  Tuang santan kental, aduk rata, masak sampai matang. 
  3. Angkat dan Sajikan dengan taburan bawang merah.
Mantap bukan? Tinggal sajikan bersama nasi atau ketupat juga oke. Itulah sedikit resep Resep Opor Ayam. Didapat dari berbagai sumber.
Image by : Google
loading...