Pengertian dan Fungsi Notula

Pengertian dan Fungsi Notula
Notula adalah catatan mengenai semua pembicaraan dalam sebuah rapat. Notula merupakan sumber informasi atau document yang otentik. Notula harus ditulis secara teliti. Artinya semua pokok persoalan yang dibahas dalam rapat harus ditulis dengan tepat, semua yang ditulis harus sesuai dengan pokok pembicaraan dan harus jelas
Fungsi Notula

1.      Sebagai Alat Bukti
Apabila ada kasus, maka notula dapat digunakan sebagai bahan pembuktian di pengadilan. Sebagai contoh: pendaftaran suatu organisasi, bila ada perubahan bentuk atau penutupan suatu organisasi, membuktikan adanya pelaksanaan tugas tau tidak dilaksanakan tugas tersebut.

2.      Sebagai Sumber Informasi Untuk peserta Rapat Yang Tidak Hadir
Meskipun peserta berhalangan hadir, sebaiknya peserta tersebut tetap mengetahui materi rapat yang dibahas dan mengetahui hasil rapat.

3.      Sebagai Pedoman Untuk Rapat Berikutnya
Rapat terdahulu yang memerlukan tindak lanjut, direlisasikan dalam rapat berikutnya sehingga notula dapat dijadikan pedoman.

4.      Sebagai Alat Pengingat Untuk Peserta Rapat
Biasanya setelah pembukaan rapat, dibacakan notula hasil rapat sebelumnya sehingga dapat mengingatkan para peserta rapat.

5.      Sebagai Dokumen
Notula sebagai dokumen sehingga harus disusun dengan rapi menurut kronologis dan dijilid secara rapi lalu dismpan engan baik sesuai dengan sistem pengarsipan.

6.      Sebagai Alat Untuk Rapat Semu
Yang dimaksud dengan rapat semu adalah rapat yang tidak pernah dilaksanakan atau rapat fiktif. Pada saat menyususn notula biasanya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ahli hukum.

Untuk menjadi notulis yang handal, diperlukan beberapa keahlian yang harus dimiliki seorang notulis. Seorang notulis harus terampil atau mampu:
1.             Mendengarkan da menulis
2.             Memilah dan memilih hal yang penting dan yang tidak penting
3.             Konsentrasi yang tinggi
4.             Menulis cepat
5.             Bersikap obyektif dan jujur
6.             Menguasai bahsa teknis baku dan menguasai materi pembahasan
7.             Mengetahui dan memenuhi kebutuhan pembaca notula
8.             Menguasai metode pencatatan secara sistematis
9.             Menguasai metode pengolahan data
10.         Menguasai berbagi hal yang berhubungan dengan rapat.
11.         Menyimpulkan hasil rapat
Seorang notulis memiliki beberapa fasilitas penunjang untuk membantu dalam menyelesaikan tugasnya. Beberapa fasilitas dan keistimewaan yang harus diperoleh seorang notulis adalah sebagai berikut:
1.             Notulis diberi informasi mengenai perihal latar belakang rapat, tujuan rapat, pokok masalah rapat, dan jenis rapat sebelum rapat dilaksanakan. Notulis harus mengetahui susunan acara beserta pokok masalah atau materi yang akan dirapatkan agar dapat dipelajari sehingga memudahkan dalam menyusun notula.
2.             Notulis diberi dokumen atau makalah yang dibagikan kepada para peserta rapat yang lain pada saat pelaksanaan rapat.
3.             Notulis diperbolehkan untuk meminta agar peserta rapat menjelaskan atau menyempurnakan kesimpulan yang dikemukakan notulis.
4.             Notulis mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada saat rapat berlangsung.
5.             Setiap sesi berakhir, notulis mempunyai hak untuk memperoleh rangkuman dan kesimpulan rapat.
6.             Agar dapat menyempurnakan notulanya, notulis berhak berbicara pada setiap sesi.
7.             Notulis duduk disebelah pemimpin rapat, agar mudah berkomunikasi dan memperoleh informasi secara maksimal.
8.             Apabila rapat berlangsung terlalu lama, maka perlu disiapkan beberapa orang untuk menulis notulis.
9.             Ketika menyusun notula, seorang notulis tidak boleh mengerjakan hal lain karena menyusun notula memerlukan konsentrasi yang penuh.
10.         Jika rapat membutuhkan waktu pengkajian yang lebih lama dan berlagsung alot dan rumit, maka notulis berhak memperoleh keleluasaan waktu untuk meyusun notula akhir.

Makalah Tata Usaha

Makalah Tata Usaha,  Tata usaha  adalah tempat/gedung atau ruangan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tulis menulis dan dilengkapi dengan fasitilas penunjang. Tata Usaha


BAB I
PENDAHULUAN

a. Latar Belakang.
Selama ini adminitasi hanya dipandang sebagai kegiatan tulismenulis belaka pandangan orang demikian ini tentu bukan tidak beralasan. Secara phisik kegiatan admninistasi memang banyak didominasi dalam kegiatan tulis menulis, baik menggunakan tangan, alat tulis, mesin ketik atau komputer. padahal banyak teori yang mengatakan kegiatan administrasi lebih dari pada itu. Bahkan ada yang lebih keterlaluan lagi bahwa administrasi hanya dipandang sebagai kegiatan pendukung saja dalam melengkapai kegiatan yang ada di lapangan

Tidak semuanya pandangan demikian itu benar. Kegiatan administrasi atau tulis-menulis atau lebih dikenal dengan ketata usahaan di sebuah lembaga mempunyai out put yang sangat penting, terkait di berbagai bidang, baik hukum, sosial maupun ekonomi dan lain-lain, sehingga tidak bisa dipandang kurang penting fungsinya. Lebih-lebih produk administrasi yang berupa dokumen seperti Ijazah, Sertifikat dansurat-surat penting lainnya akan mempunyai nilai tinggi sekali di mata hukum, jika akurasi isinya dijamin benar.
Oleh karena itu keakuratan data administrasi menunutut kejujuran dan kedisiplinan baik pelaksana maupun pengelolanya, karena produk administrasi yang demikian ini biasanya digunakan untuk memperkuat bukti-bukti hukum.
Dalam bidang pendidikan, kebutuhan informasi mulai tentang data lembaga, sarana kurikulum sampai dengan data asal dan kondisi ekonomi siswa, banyak ditanyakan baik oleh perorangan maupun lembaga-lembaga pemerintah dan swasta.
Dalam rangka memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat umum, tentu hal ini menjadi tantangan bagipara pemikir administrasi pendidikan untuk menciptakan format data administras
pendidikan dan sistem pengelolaan data administrasi kependidikan yang mampu mengakomodir berbagai keperluan. .Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat ini, sudah barang tentu format administrasi pendidikan harus kapable
terhadap teknologi informasi saat ini.

b. Ruang lingkup pembahasan.
Bertolak dari pemikiran tersebut diatas, ditambah adanya kemajuan teknologi dan informasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukunya saat ini, kiranya perlu adanya sebuah pembakuan format administrasi pendidikan bagi satuan-satuan pendidikan di Indonesia. Format administrasi pendidikan yang dimaksudkan adalah mudah pengelolaannya, mudah pemahamannya dan bisa ditangani oleh tenagatenaga yang pas-pasan pengetahuan Teknik Informasinya (TI). Padahal sementara ini banyak institusi baik dari pemerintah maupun non pemerintah yang membutuhkan data pendidikan pada suatu lembaga pendidikan dengan berbagai macam format administrasi, sesuai kepentingan mereka.
Oleh karena itu dalam lingkup masalah ini, penmulis hanya membatasi dalam membahas
:
1. Format baku data administarsi kependidikan dan sistem pengelolaan data administrasi kependidikan
2. Pelayanan informasi data administasi kependidikan.

BAB II
TINJAUAN TEORITIS

a. Pengertian Administrasi
Banyak pengertian administrasi yang dikemukanan oleh para ahli administrasi, ada pengertian adminitasi secara luas dan ada pengertian administrasi secara sempit, dan bahkan ada yang mengartikan sebagai proses sosial
Dalam pengertian yang luas menurut Musanef (1996:1) dalam bukunya Manajemen Kepegawaian di Indonesia menyebutkan bahwa administrasi adalah kegiatan sekelompok manusia melalui tahapantahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan Dalam implementasinya, administasi berkembang dan mempunyai tugas-tugas yang biasa disebut sebagai fungsi administrasi sebagaimana yang dikemukakan oleh para ahli seperti Henry Faysol, Harold Koontz, George R. Terry dan lain-lain, diantaranya adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian sampai dengan fungsi pengawasan Salah satu bentuk rumusan pengertian adminitasi secara luas yang sederhana antara lain menyebutkan :bahwa administrasi adalah keseluruhan proses rangkaian pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha bersama demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
.           Meskipun rumusannya sederhana, pengertiannya tetap mempunyai cakupan yang luas, yaitu seluruh proses kegiatan yang berencana dan melibatkan seluruh anggota kelompok.
Sedangkan dalam pengertian sempit, sebagai yang dikemukakan oleh Soewarno Handayaningrat (1996:2), dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen” , administrasi adalah suatu
kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Selanjutnya, dalam makalah ini penulis mengartikan administrasi dalam pengertian sempit sebagai ketata usahaan. Meskipun sebenarnya antara administrasi dan ketatausahaan mempunyai arti yang jauh berbeda tetapi penulis yakin bahwa antara administrasi dengan ketatausahaan masih mempunyai keterkaitan yang sangat erat..

b. Pengertian Tata Usaha
Ada beberapa pengertian tentang Tata Usaha, tetapi kesemuanya hampir mempunyai kesamaan pengertian yang mengarah kepada pengaturan tulis menulis dan catat mencatat. Berikut beberapa pengertian tentang Tata Usaha

a)    Ditinjau arai asal kata
Tata Usaha terdiri dari dua kata, yaitu Tata” dan “Usaha” yang masing-masing kurang lebih mempunyai pengertian sebagai berikut Tata adalah suatu peraturan yang harus ditaati., dan Usaha ialah suatu usaha dengan mengerahkan tenaga, pikiran untuk mencapai suatu maksud. Jadi menurut arti kata, Tata Usaha adalah suatu aturan atau peraturan yang terdapat dalam suatu proses penyelenggaraan kerja.

b)    Dalam Kamus Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan istilah Tata Usaha ialah penyelenggaraan tulis menulis(keuangan dan sebagainya) di perusahaan, negara dan sebagainya, sedangkan penata usaha ialah orang-orang yang menyelenggarakan taha usaha.

c)     The Liang Gie dalam bukunya Administrasi Perkantoran Modern memberikan pengertian bahwa tata usaha ialah segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengelola, mengadakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keteranagn yang diperlukan dalam setiap usaha kerja.
Selanjutnya, dalam makalah ini tata usaha diberi pengertian sebagai aktivitas administrasi dalam arti sempit yaitu, kegiatan untuk mengadakan pencatatan dan penyusunan keterangan-keterangan sehingga keterangan-keterangan itu dapat digunakan secara langsung sebagai bahan informasi bagi pimpinan organisasi yang bersangkutan atau dapat dipergunakan oleh siapa saja yang membutuhkan.

c, Pengertian Pelayanan
Ada beberapa pengertian tentang Pelayanan, antara lain : Pelayanan merupakan serangkaian kegiatan, karena itu pelayananuga merupakan suatu proses. Sebagai proses, pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat (Munir, 2000; 17). Yang dimaksud pelayan umum adalah setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak lain yang ditujukan guna memenuhi kepentingan orang banyak   Menurut Ahmad Batinggi (1999; 12) Pelayanan Umum dapat diartikan sebagai perbuatan atau kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurus hal-hal yang diperlukan masyarakat/ khalayak umum. Dengan demikian, pelayanan yang baik dan berkualitas adalah pelayanan yang cepat, menyenangkan, tidak mengandung kesalahan, mengikuti prosedur yang telah ditetapkan Masih banyak pengertian pelayanan yang dikemukakan oleh beberapa pakar, diantaranya Fandi Ciptono dan lain-lainnya.
Pada prinsipnya dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang baik yang dilakukan oleh suatu organisasi baik pemerintah maupun swasta termasuk bidang ketata usahaan harus memuat beberapa aspek, antara lain :
  1. Keterbukaan, yaitu adanya informasi pelayanan yang berupa loket
informasi yang dimilikinya dan terpampang dengan jelas ;
  1. Kesederhanaan yaitu mencakup prosedur palayanan dan
persyaratan pelayanan
  1. Kepastian yaitu menyangkut informasi waktu, biaya dan petugas
pelayanan yang jelas ;
  1. Keadilan yaitu memberi perhatian yang sama terhadap pelanggan
tanpa adanya diskriminasi yang dapat dilihat dari materi atau
kedekatan seseorang ;
  1. Keamanan dan kenyamanan hasil produk pelayanan memenuhi
kualitas teknis dan dilengkapi dengan jaminan purna pelayanan
secara administrasi ;
  1. Perilaku petugas pelayanan menyenangkan pelanggan, yaitu harus tanggap dan peduli dalam memberikan pelayanan dengan tidak mempersulit pelanggan untuk mencari keuntungan pribadi.
   
BAB III
PEMBAHASAN DAN KESIMPULAN

a. Pembahasan
Dengan melihat latar belakang, ruang lingkup masalah serta membandingkan dengan berbagai pengertian administrasi dan pelayanan, banyak hal tentang administrasi data kependidikan di sekolah-sekolah yang masih perlu dibenahi sehingga memudahkan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat pengguna informasi kependidikan, maupun kepada siswa yang membutuhkan informasi atau dokumen kependidikan dirinya Dengan adanya teknologi informasi / komputer, selama ini setiap satuan pendidikan atau sekolah memiliki format data administrasi kependidikan dan sistem pengelolaan data adminitrasi kependidikan yang berbeda-beda. Begitu juga program aplikasi yang digunakan juga berbeda-beda, menurut kemampuan petugas pengelolanya. Beberapa sekolah ada yang mengelola data administasii kependidikannya dengan program aplikasi Excel, Word dan Acces(Microsoft Ofice), tetapi juga ada yang mengelola dengan program aplikasi dBase Visual atau Foxpro dan bahkan ada yang menggunakan My SQL. Demikian juga petugas pengelolanya juga berbeda-beda peranan dan jabatannya di sekolah. Ada petugas pengelola data administasii kependidikan dari staf Tata Usaha, ada yang berasal dari seorang guru yang dianggap mumpuni penguasaan komputernya
, tetapi juga ada yang berasal dari staf administrasi jurusan. Hal ini paling tidak menjadi hambatan dalam rangka tukar informasi antar sekolah atau dalam rangka memberikan pelayanan informasi tentang data administasii kependidikan seperti data kelembagaan, kurikulum, peralatan
maupun siswa dan keuangan. Belum lagi kalau melayani institusi yang membutuhkan data administasii kependidikan sesuai dengan kepentingan mereka seperti data siswa yang khusus berasal dari desa “X” karena akan diberi beasiswa, atau siswa dari keluarga kurang mampu, dan sebagainya Dari pihak-pihak yang berkopenten dan berwenang dibidang pendidikan seperti Depdiknas, Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kab/Kota, kelihatannya telah menyadari kondisi ini. Telah diujicobakan dan disosialisasikan sistem pengelolaan data administasii kependidikan dan format data administasii kependidikan melalui berbagai jenis pelatihan maupun workshop. Akan tetapi kurang mendapat respon baik dari sekolahsekolah dengan berbagai alasan. Banyak sekolah yang kurang bersedia memanfaatkan sistem tersebut, karena harus entry data ulang, juga kurang
kapable dengan kepentingan sekolah yang bersangkutan. Sebagai contoh, walaupun telah mengisi sistem pengelolaan data administasii kependidikan yang disosialisasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah , tetapi untuk
kepentingan Ujian Nasional sekolah masih harus mengisi PCPU yang didistribusikan ke sekolah-sekolah oleh Dinas yang sama.
Demikian juga format data administasii kependidikan dan sistem pengelolaan data administasii kependidikan yang menggunanan NISN sekolah masih harus memenuhi permintaan data siswa kelas III Dinas Pendidikan Kota sehubungan dengan Uji kompetensi, walaupun semua siswa kelas III telah mempunyaiu NISN, yang data administasii kependidikan sudah ada disana.
b. Kesimpulan
1. Agar sekolah dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas akan kebutuhan data administasii kependidikan di sekolah yang bersangkutan, kepala masyarakat, sangat dibutuhkan adanya keseragaman format data administrasi kependidikan yang baku, yang mudah pengelolaanya, mudah pemahamannya serta yang paling penting kapable dengan program aplikasi yang selama ini digunakan oleh sekolah yang bersangkutan. Sudah barang tentu format data harus lengkap, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat penggunanya.
2. Disamping format data administasii kependidikan, juga sistem pengelolaan data administasii kependidikan yang menggunakan progrtam aplikasi uyang sudah familier dengan petugas-petugas pengelolanya. Kalau memang secara teknis harus menggunakan program aplikasi lain, seharusnya ada semacam pendidikan atau pelatihan cara mengkonversi sebuah data administasii kependidikan dari program aplikasi yang digunakanb sekolah ke program aplikasi yang digunakan dalam sistem pengelolaan data administasii kependidikan. Bukan sekedar pelatihan mengoperasikan sistemnya saja atau entry data saja..

3. Mengingat data administasii kependidikan sangat penting pernannya sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijaksanaan di bidang pembangunan pendidikan, maka yang paling penting adalah kejujuran dan kedisiplinan petugas pengelola/up date data di setiap satuan pendidikan.



DAFTAR PUSTAKA

1. Soebroto, R. 1980. Pokok-pokok Pengertian Ilmu Taha Usaha, Jakarta :
    Balai Pembinaan Administrasi, Akademi Administrasi Negara
2. Ahmad Batinggi, 1999. Manajerial Pelayanan Umum. Universitas Terbuka,
    Jakarta
3 Ciptono F, 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset.
   Yogyakarta
4 Munir, 2000. Manajemen Pelayanan Publik. Bina Aksara. Jakarta
5. Soewarno Handayaningrat, 1996. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan
   Manajemen. Gunung Agung. Jakarta


Test Pack + Giveaway

Penulis: Ninit Yunita
Penerbit: Gagas Media
Tahun: Agustus 2010 
Hlm: 202


Tata sudah menikah selama 7 tahun tapi belum juga dikaruniai anak. Segala macam cara sudah mereka coba, mulai dari mengatur pola makan hingga mengatur posisi berhubungan yang mitosnya bisa bikin cepat hamil. Rahmat sebagai suami tentu mengerti betapa besar keinginan Tata memiliki anak, jadi sebisa mungkin ia memberikan dukungannya untuk Tata.

Too perfect to be true, si Tata ini beruntung banget punya suami yang care dan selalu ngedukung dia apapun yang terjadi, terutama saat Tata moody banget karena testpacknya lagi-lagi menunjukkan hasil negatif. They love each other so much.

Prahara rumah tangga dalam buku ini seputar keinginan keluarga kecil Tata-Rahmat untuk segera memiliki anak yang mereka idam-idamkan. Tapi bagaimana kalau ternyata si bayi kecil yang diimpikan tak kunjung hadir jua setelah 7 tahun menikah? 

Dengan karakter-karakter yang lovable dan celetukan-celetukan lucu bertebaran di setiap halaman bikin enjoy bacanya. Buku ini cocok buat mereka yang masih single maupun uda married karena di jamin kita pasti terhibur  dengan gaya bercerita Ninit Yunita yang santai dan kocak. Selain itu yang terpenting pesan moralnya dapet. 



So, siapa mau buku Test Pack dari Ninit Yunita ini? Saya punya 1 copy buku 2nd dengan kondisi 80% (karena lupa ga disampul jadi ga clingblingbling lagi). Tapi yang istimewa adalah buku ini ada tanda-tangannya Ninit Yunita lho~

Yang berminat, langsung isi Rafflecopter dibawah ini. 


CLOSED!!
Congratulation 
Rusydina Tamimi
(Pemenang harap segera konfirmasi dalam waktu 2x24 jam jika tidak akan dipilih pemenang baru.)





Yay, glad you like it ^^



  • Sign in: masukkan email atau username facebook kamu
  • Wajib isi nama dan identitas yang bisa di hubungi
  • Wajib meninggalkan komentar
  • Lainnya Optional (subscribe email, follow GFC, tweet giveaway) 
  • Semakin banyak mengisi entry, maka kesempatan menang semakin besar
  • Giveaway berlangsung tanggal 20-04-2012 pukul 12.00 WIB s/d 29-04-2012 pukul 12.00 WIB
  • Pemenang akan diumumkan tanggal 29 April 2012
  • Saya akan mengecek seluruh entry dan entry yg tidak valid akan dianggap gugur
  • Goodluck (^________^)



  • a Rafflecopter giveaway

    Beautiful Soul

    Judul: Beautiful Soul
    Penulis: Stefiani E. I.
    Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
    Tahun: 2012 
    Hlm: 208
    ISBN: 9789792282788


    Review:

    Amore, selalu meminta orang lain memanggilnya Ame. Kecuali Rama, cowok paling keren di sekolahnya, dengan keras kepala tetap memanggilnya Amore. Rupanya Rama juga keras kepala dalam mengejar-ngejarnya. Sudah setahun ini Ame berusaha menghindari Rama yang selalu membayanginya--dan cowok-cowok lainnya.

    Saat tahun ajaran baru, Ame yang baru naik ke kelas 3 SMA mendapat teman sebangku baru. Cowok itu namanya Steven Williams,  bule tampan. Sayangnya sifatnya tidak setampan rupanya sehingga Ame menjuluki cowok itu sebagai Limited Edition Devil of The Year saking kesalnya.

    Kisah cinta rumit Ame baru saja di mulai ketika dirinya dan Steven ditunjuk menjadi perwakilan tim olimpiade sejarah se-Jawa-Bali. Tanpa sadar Ame mulai jatuh cinta pada Steven yang ternyata tidak seburuk dugaannya. Tapi Rama juga tidak tinggal diam, sebisa mungkin Rama terus merecoki hubungan mereka berdua, akibatnya kedua cowok itu jadi sering berantem. Lalu bagaimana kira-kira hubungan Steven-Ame-Rama ya?

    Awal membaca buku ini saya langsung terhanyut dalam alurnya yang mengalir. Plotnya runut dan sederhana, ide ceritanya pun tipikal teenlit biasanya. Namun yang membuat buku ini menarik adalah gaya bercerita Stefiani yang semi-baku namun mampu mengeluarkan karakter Ame dengan sedemikian rupa. Karakter Ame ini serius tapi penuh celetukan-celetukan segar yang membuat karakter ini semakin hidup.

    Dari segi isi cerita dan konflik entah kenapa terlalu dewasa dan menjual mimpi sehingga terasa mirip chicklit terjemahan, hanya saja penulis merepresentasikan semuanya dalam karakter anak SMA dan setting sekolahan, jadi agak kurang pas. Mungkin lebih masuk akal kalau karakternya dibuat lebih dewasa sedikit, sekitar awal dua puluhan, bukannya anak SMA.

    Selain itu juga terpikir penulisnya lebih cocok menulis buku dengan segmen pembaca lebih dewasa, karena kalau untuk teenlit, selain bahasanya terlalu berat, isi ceritanya juga terlalu serius, and not really as fun as typical teenlit. Mungkin hanya masalah selera saja ya, tapi jauh dari lubuk hati terdalam, penulis memang ada potensi untuk itu. Seriously, Stefiani pasti cocok jadi penulis metropop atau novel dewasa. Tapi setelah ketahuan pengarangnya kelahiran 94 yah, it's too early for her then. Mungkin memang si pengarang udah dewasa duluan sebelum waktunya ya, ditunggu beberapa tahun lagi saja, siapa tahu dia bisa jadi pengarang romance dewasa yang oke nih :D

    Jadi, untuk penggemar teenlit yang suka dengan konflik sedikit kelam, cerita romantis, tapi tetap mempertahankan nuansa teenlitnya, buku ini pasti cocok untuk kamu semua. Akhir kata, tiga bintang saya hadiahkan untuk Beautiful Soul. :)

    -----------------^^-----------------
    Dapat tongkat estafet dari Martina@Reading in the Morning
    Kamu bisa pesan buku ini via Beautiful Soul@Bookoopedia
    Review ditulis dalam rangka Lomba Estafet Review Buku #LERB
    Tongkat estafet ini aku serahkan pada Maya@Dear Readers
    -----------------^^-----------------

    Cara mencegah HIV - AIDS secara efektif

    Sudah diketahui bahwa HIV - AIDS merupakan penyakit paling ditakuti dan sangat berbahaya karena saat ini belum ada cara yang cukup ampuh untuk mengobatinya.

    Oleh karena itu penyebaran penyakit ini terus berlanjut dan penderitanya mencapai jutaan orang. Hal yang paling bijaksana dalam menyikapi masalah ini adalah bagaimana kita menghindari penyakit HIV -AIDS dengan beberapa tindakan pencegahan seperti yang tertera dibawah ini :

    Cara mencegah HIV - AIDS

    1. Hindari Kontak dengan Darah yang terinfeksi HIV Cara yang paling umum untuk menularkan HIV adalah melalui kontak dengan darah dari orang yang terinfeksi HIV. Transfusi, atau kontak dengan luka, dapat menyebabkan virus menyebar dari satu orang ke orang lain. Transmisi dengan darah dapat dengan mudah dihindari melalui tes darah dan menghindari kontak dengan luka jika seseorang positif terinfeksi HIV, jika Anda harus berurusan dengan luka dari pengidap HIV/ AIDS, pastikan untuk memakai pakaian pelindung seperti sarung tangan karet.

     2. Hati-hati dengan Jarum suntik dan peralatan Bedah Obat infus, jarum suntik dan peralatan tato dapat menjadi sumber infeksi HIV. Jarum tato senjata,, dan pisau cukur adalah alat yang berpaparan langsung dengan darah orang yang terinfeksi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan jarum dan peralatan bedah:
    * Jangan menggunakan kembali Alat suntik sekali pakai.
    * Bersihkan dan cuci peralatan bedah sebelum menggunakannya.
    * Jika Anda ingin tato, pastikan itu dilakukan oleh sebuah toko tato bersih dan sanitasi.
    * Hindari penggunaan obat-obat terlarang dan zat yang dikendalikan intravena.

    3. Gunakan Kondom Cara lain untuk penularan HIV adalah melalui kontak seksual tidak terlindungi. kondom adalah baris pertama pertahanan Anda untuk menghindari terinfeksi HIV. Hal ini sangat penting untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks, tidak hanya akan mengurangi kemungkinan terinfeksi HIV, tetapi juga dapat melindungi diri dari infeksi menular seksual lainnya. kondom Lateks adalah yang terbaik, tetapi Anda juga dapat menggunakan kondom polyurethane. Jangan menggunakannya kembali dan pastikan bahwa tidak ada yang rusak di hambatan saat menggunakannya.

    4. Hindari Seks Bebas HIV dan AIDS yang lebih lazim untuk orang dengan banyak pasangan seksual. Jika Anda hanya memiliki satu pasangan seksual, Anda secara dramatis dapat meminimalkan kemungkinan tertular HIV atau mendapatkan AIDS. Namun itu tidak berarti bahwa Anda dapat berhenti menggunakan kondom, Anda masih harus melakukan seks dilindungi bahkan jika Anda setia pada pasangan seksual Anda.

    Artikel terkait 

    Apa itu HIV - AIDS 
    Penyebab HIV - AIDS
    Gejala umum HIV - AIDS

    Penyebab penyakit HIV - AIDS secara umum

    Berbagai penyebab HIV AIDS dapat ditularkan mealalui darah yang terinfeksi, air mani atau cairan vagina yang memasuki tubuh. Seseorang tidak dapat terinfeksi melalui kontak biasa seperti memeluk, mencium, menari atau berjabat tangan dengan seseorang yang menderita HIV atau AIDS.

    HIV tidak dapat ditularkan melalui air, udara atau melalui gigitan serangga. Secara umum penyebab HIV AIDS tertular melalui :

    Penyebab HIV - AIDS

    * Selama seks. Anda dapat menjadi terinfeksi jika Anda melakukan hubungan seks vaginal, anal atau oral dengan pasangan yang terinfeksi yang darah, air mani atau cairan vagina memasuki tubuh Anda. Virus ini dapat memasuki tubuh melalui mulut atau air mata luka kecil yang kadang-kadang berkembang di dubur atau vagina selama aktivitas seksual.
    * Transfusi darah. Dalam beberapa kasus, virus dapat ditularkan melalui transfusi darah.
    * Berbagi jarum. virus HIV dapat ditularkan melalui jarum suntik terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi. Berbagi kepemilikan obat intravena menempatkan Anda pada risiko tinggi HIV dan penyakit menular lainnya seperti hepatitis.
    * Dari ibu ke anak. ibu yang terinfeksi dapat menginfeksi bayi selama kehamilan atau persalinan, atau melalui menyusui. Tetapi jika perempuan menerima pengobatan untuk infeksi virus HIV selama kehamilan, risiko untuk bayi mereka secara signifikan berkurang.

    Nah, bagaimana dengan anda ? Siapkah anda menghadapi penularan Penyakit HIV - AIDS dalam kehidupan sehari -hari ?

    Artikel terkait

    Cara mencegah HIV - AIDS
    Pengertian HIV - AIDS
    Gejala HIV - AIDS

    Ciri dan gejala pengidap HIV - AIDS

    Sebagian besar orang yang terinfeksi HIV tidak menyadarinya karena tidak ada gejala yang tampak segera setelah terjadi infeksi awal. Beberapa orang mengalami gangguan kelenjar yang menimbulkan efek seperti deman (disertai panas tinggi, gatal-gatal, nyeri sendi, dan pembengkakan pada limpa), yang dapat terjadi pada saat seroconversion. Seroconversion adalah pembentukan antibodi akibat HIV yang biasanya terjadi antara enam minggu dan tiga bulan setelah terjadinya infeksi.

    Kendatipun infeksi HIV tidak disertai gejala awal, seseorang yang terinfeksi HIV sangat mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah HIV ada di dalam tubuh seseorang adalah melalui tes HIV.

    Infeksi HIV menyebabkan penurunan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi penyakit dan dapat menyebabkan berkembangnya AIDS.

    Kapankah seorang terkena AIDS ?

    Istilah AIDS dipergunakan untuk tahap- tahap infeksi HIV yang paling lanjut.

    Sebagian besar orang yang terkena HIV, bila tidak mendapat pengobatan, akan menunjukkan tanda-tanda AIDS dalam waktu 8-10 tahun. AIDS diidentifikasi berdasarkan beberapa infeksi tertentu, yang dikelompokkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) sebagai berikut:

    * Tahap I penyakit HIV tidak menunjukkan gejala apapun dan tidak dikategorikan sebagai AIDS.
    * Tahap II (meliputi manifestasi mucocutaneous minor dan infeksi-infeksi saluran pernafasan bagian atas yang tak sembuh- sembuh)
    * Tahap III (meliputi diare kronis yang tidak jelas penyebabnya yang berlangsung lebih dari satu bulan, infeksi bakteri yang parah, dan TBC paru-paru), atau
    * Tahap IV (meliputi Toksoplasmosis pada otak, Kandidiasis pada saluran tenggorokan (oesophagus), saluran pernafasan (trachea), batang saluran paru-paru (bronchi) atau paru-paru dan Sarkoma Kaposi).

    Penyakit HIV digunakan sebagai indikator AIDS.

    Sebagian besar keadaan ini merupakan infeksi oportunistik yang apabila diderita oleh orang yang sehat, dapat diobati.

    Artikel terkait

    Penyebab HIV - AIDS
    Cara mencegah HIV - AIDS
    Pengertian HIV - AIDS

    Pengertian HIV - AIDS, apa itu HIV-AIDS ?

    HIV dan AIDS adalah dua kata yang sering kita dengarkan dalam kehidupan sehari hari yang lebih terkenal karena bahaya yang ditimbulkan penyakit ini semakin hari semakin besar.

    Jadi, apa itu HIV - AIDS ?

    Pengertian HIV

    HIV merupakan singkatan dari ’human immunodeficiency virus’. HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia (terutama CD4 positive T-sel dan macrophages– komponen-komponen utama sistem kekebalan sel), dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus, yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh.

    Sistem kekebalan dianggap defisien ketika sistem tersebut tidak dapat lagi menjalankan fungsinya memerangi infeksi dan penyakit- penyakit. Orang yang kekebalan tubuhnya defisien (Immunodeficient) menjadi lebih rentan terhadap berbagai ragam infeksi, yang sebagian besar jarang menjangkiti orang yang tidak mengalami defisiensi kekebalan. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan defisiensi kekebalan yang parah dikenal sebagai “infeksi oportunistik” karena infeksi-infeksi tersebut memanfaatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

    Pengertian AIDS

    AIDS adalah singkatan dari ‘acquired immunodeficiency syndrome’ dan menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV telah ditahbiskan sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

    Artikel terkait

    Cara mencegah HIV - AIDS
    Gejala HIV - AIDS
    Penyebab HIV - AIDS

    Jenis makanan yang baik untuk jantung

    Ingin jantung anda sehat bahkan terhindar dari resiko penyakit jantung yang mematikan, dibawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

    Makanan untuk jantung sehat

    1. Sayuran berdaun 
    Bayam, pok choy, lobak, fenugreek, dan selada, sayuran ini adalah beberapa contoh jenis sayur yang dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. Sebab sayuran ini rendah lemak, kalori dan tingggi serat. Selain itu juga mengandung asam folat, magnesium, kalsium, kalium dan mineral untuk fungsi optimal jantung. Menurut penelitian, konsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

    2. Oat 
    Oat adalah salah satu menu pilihan sehat yang baik di pagi hari. Makanan ini tidak hanya membuat perut kenyang dan energik tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Mengandung beta glucan, serat mudah larut dalam tubuh yang membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.

    3.Gandum 
    murni Gandum sangat baik terhaap jantung karena mengandung serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium dan antioksidan.


    4. Protein kedelai 
    Kedelai merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak dan mampu meningkatkan kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.

    5. Minyak zaitun 
    Mengkonsumsinya secara rutin dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol dibandingkan jenis lainnya.

    6. Tomat 
    Tomat merupakan sumber vitamin yang berfungsi untuk membersihkan darah. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan. Akan lebih baik jika dikonsumsi pada saat segar.

    7. Apel 
    Konsumsi satu buah apel per hari akan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah.

    8. Almond 
    Mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.

    9. Anggur merah 
    Mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih dapat berdampak positif pada kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Di samping itu anggur merah juga mengandung flavonoid.

    10. Cokelat 
    Cokelat yang baik adalah cokelat yang mengandung sedikit lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam atau dark chocolate adalah jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi bagian diet sehat untuk para penderita penyakit jantung.

    Artikel terkait :

    Gejala penyakit jantung
    Penyebab penyakit jantung
    Cara mencegah penyakit jantung

    Gejala penyakit jantung secara umum

    Pada umumnya sakit karena gangguan jantung disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh akibat terhambatnya peredaran darah karena gangguan pada organ vital yaitu jantung.

    Gejala penyakit jantung ini dapat kita klasifikasikan menjadi beberapa bagian seperti yang dijabarkan dibawah ini.

    Gejala penyakit jantung

    * Angina - Adalah rasa nyeri atau ditekan di bagian dada.
    * Aritmia - Adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal).

    Angina dan aritmia disebabkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot jantung. Biasanya diikuti oleh gejala lain seperti pusing, letih yang berkepanjangan, mual, berkeringat dingin, dan sesak nafas. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi peringatan awal akan resiko serangan jantung.

    Sayangnya, mereka yang mengalami gejala penyakit jantung tersebut sering kali menganggapnya sebagai masuk angin biasa, inilah yang sering membuat pertolongan pertama menjadi terlambat dan sangat merugikan akibatnya, mengapa?

    Ketika serangan jantung (myocardial infarction) berlangsung, otot-otot jantung akan mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Dan tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak dapat mengalami regenerasi. Karena itu semakin lama serangannya dan tidak segera ditangani, maka semakin banyak juga kerusakan permanen pada otot-otot jantung dan bahkan jika terus dibiarkan dapat mengalami kematian.

    Artikel terkait :

    Cara mencegah penyakit jantung 
    Penyebab penyakit jantung 
    Makanan untuk jantung sehat

    Cara mencegah penyakit jantung

    Penyakit jantung sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan sering timbul akibat pola hidup dan sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas penderita sehari-hari.

    Karena itu dengan beberapa cara dan penerapan pola hidup yang tepat kita dapat mencegah datangnya serangan jantung ini sebelum terlambat.

    Bagaimana mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan ini ? berikut ini beberapa tips dan cara mencegah penyakit jantung dalam kehidupan sehari-hari.

    Pola makan teratur

    Dapat kita lakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung secara rutin, seperti sayuran dan buah-buahan dan menghindari makanan yang berkolesterol tinggi.

    Berhenti merokok

    Walaupun sulit dihentikan namun jika dapat terjadi, maka anda berarti sudah selangkah lebih maju dalam kesehatan jantung. Ingat bahwa merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung.

    Menghindari stress berlebihan

    Stress pada manusia akan menghasilakan sebuah cairan hormon yang jika berlebihan dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat suasana batin anda tetap tenang.

    Olahraga teratur

    Melakukan gerakan ringan seperti jogging secara rutin sudah terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 30%. Oleh karena itu pilih olahraga yang dapat anda lakukan secara rutin disela-sela kesibukan anda.

    Demikian beberapa cara sederhana untuk mencegah penyakit jantung.

    Artikel terkait

    Gejala penyakit jantung
    Penyebab penyakit jantung
    Makanan untuk jantung sehat

    Penyebab penyakit jantung pada manusia

    Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat ditakuti dimana tingkat kematian akibat penyakit ini sangat tinggi.

    Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit ini, dibawah ini merupakan beberapa faktor penyebab umum penyakit jantung pada manusia.

    Penyebab penyakit jantung

    1) Kebiasaan merokok
    2) Tekanan darah tinggi atau hipertensi
    3) Penyakit gula atau Diabetes
    4) Satu skema pembagian lemak atau waist to hip ratio
    5) Pola Makan yang tidak sehat
    6) Kegiatan fisik yang berlebihan
    7) Mengkonsumsi Alkohol secara berlebihan
    8) Banyaknya lemak di dalam darah
    9) Faktor psikososial
    10) Faktor gangguan jantung bawaan

    Beberapa faktor diatas dapat dikatakan sebagai penyebab utama timbulnya gangguan pada jantung manusia.

    Para ahli dan dokter berpendapat bahwa perubahan menuju gaya hidup sehat dapat mengurangi resiko penyakit jantung ini sampai 80%.

    Artikel terkait :

    Cara mencegah penyakit jantung
    Gejala penyakit jantung
    Makanan untuk jantung sehat