Perkembangan dan Karakteristik Prilaku Pada Masa Remaja
a.    Pengetian  dan Makna  Masa Remaja
Fase remaja merupakan masa perkembangan individu yang sangat penting. Harold Alberty (1957) mengemukakan bahwa masa remaja merupakan  suatu periode  dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang sejak berakhirnya masa kanak-kanak  sampai dengan awal masa dewasa. Conger berpendapat bahwa masa remaja merupakan masa yang amat kritis yang mungkin dapat merupakan the best  of time and the worst of time.
Para ahli umumnya sepakat bahwa  rentangan masa remaja berlangsung dari usia 11-13 tahun sampai dengan 18-20 th (Abin Syamsuddin, 2003). Pada rentangan periode ini (sekitar 6 – 7 th) terdapat beberapa indikator perbedaan yang signifikan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Oleh karena itu, para ahli mengklasikasikan masa remaja ini ke dalam dua bagian yaitu: (1) remaja awal (11-13 th s.d.              14-15 th);  dan (2) remaja akhir (14-16 th s.d.18-20 th).
Kita menemukan berbagai tafsiran dari para ahli tentang masa remaja :
1. Freud  menafsirkan masa remaja  sebagai suatu masa mencari hidup seksual yang mempunyaibentuk yang definitif.
2.  Charlotte Buhler menafsirkan masa remaja sebagai masa kebutuhan isi-mengisi.
3.  Spranger memberikan  tafsiran masa remaja sebagai masa pertumbuhan dengan perubahan struktur kejiwaan yang fundamental.
4.   Hofmann menafsirkan masa remaja sebagai suatu masa pembentukan   sikap-sikap terhadap segala sesuatu yang dialami individu.
5.   G. Stanley Hall menafsirkan masa remaja sebagai masa storm and drang (badai dan topan).

b.    Karakteristik Perilaku dan Pribadi Pada Masa Remaja

Dengan merujuk pada berbagai ciri-ciri dari aspek perkembangan individu sebagaimana telah dikemukakan terdahulu, di bawah ini disajikan berbagai karakteristik perilaku dan  masa remaja, yang terbagi ke dalam bagian dua kelompok yaitu remaja awal (11-13 s.d. 14-15 tahun) dan remaja akhir (14-16 s.d. 18-20 tahun) meliputi aspek : fisik, psikomotor, bahasa, kognitif, sosial, moralitas, keagamaan,  konatif, emosi afektif dan kepribadian.

 Remaja Awal
(11-13 Th s.d.14-15 Th)
Remaja Akhir
(14-16 Th.s.d.18-20 Th)
Fisik
1.   Laju perkembangan secara umum berlangsung pesat.
1.   Laju perkembangan secara umum kembali menurun, sangat lambat.
2.   Proporsi ukuran tinggi dan berat badan sering- kali kurang seimbang.
2.   Proporsi ukuran tinggi dan berat badan lebih seimbang mendekati kekuatan orang dewasa.
3.   Munculnya ciri-ciri sekunder (tumbul bulu pada pubic region, otot mengembang pada bagian – bagian tertentu), disertai mulai aktifnya sekresi kelenjar jenis kelamin (menstruasi pada wanita dan day dreaming pada laki-laki.
3.   Siap berfungsinya organ-organ reproduktif seperti pada orang dewasa.
Psikomotor
1.   Gerak – gerik tampak canggung dan kurang terkoordinasikan.
1.   Gerak gerik mulai mantap.

2.   Aktif dalam berbagai  jenis cabang permainan.
2.   Jenis  dan jumlah cabang permainan lebih selektif dan terbatas pada keterampilan yang menunjang kepada persiapan kerja.
Bahasa
1.   Berkembangnya penggunaan bahasa sandi dan mulai tertarik mempelajari bahasa asing.
1.   Lebih memantapkan diri pada bahasa asing tertentu yang dipilihnya.
2.   Menggemari literatur yang bernafaskan dan mengandung segi erotik, fantastik dan estetik.
2.   Menggemari literatur yang bernafaskan dan mengandung nilai-nilai filosofis, ethis, religius.
Perilaku Kognitif
1.   Proses berfikir sudah mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal (asosiasi, diferen-siasi, komparasi, kausalitas) yang bersifat abstrak, meskipun relatif terbatas.
1.   Sudah mampu meng-operasikan kaidah-kaidah logika formal disertai kemampuan membuat generalisasi yang lebih bersifat konklusif dan komprehensif.
2.   Kecakapan dasar intelektual menjalani laju perkembangan yang terpesat.

2.   Tercapainya titik puncak kedewasaan  bahkan mungkin mapan (plateau) yang suatu saat (usia 50-60) menjadi deklinasi.
3.   Kecakapan dasar khusus (bakat) mulai menujukkan kecenderungan-kecende- rungan yang lebih jelas.
3.   Kecenderungan bakat tertentu mencapai titik puncak dan kemantapannya
Perilaku Sosial
1.   Diawali dengan kecenderungan ambivalensi keinginan menyendiri dan keinginan bergaul dengan banyak teman tetapi bersifat temporer.
1.   Bergaul dengan jumlah teman yang lebih terbatas dan selektif dan lebih lama (teman dekat).

2.   Adanya kebergantungan yang kuat kepada kelompok sebaya disertai semangat konformitas yang tinggi.
2.   Kebergantungan kepada kelompok sebaya berangsur fleksibel, kecuali dengan teman dekat pilihannya yang banyak memiliki kesamaan minat.
Moralitas
1.   Adanya ambivalensi antara keinginan bebas dari dominasi pengaruh orang tua dengan kebutuhan dan bantuan dari orang tua.
1.   Sudah dapat memisahkan antara sistem nilai – nilai atau normatif yang universal dari para pendukungnya yang mungkin dapat ber-buat keliru atau kesalahan.
2.   Dengan sikapnya dan cara berfikirnya yang kritis mulai menguji kaidah-kaidah atau sistem nilai etis dengan kenyataannya dalam perilaku sehari-hari oleh para pendukungnya.
2.   Sudah berangsur dapat menentukan dan menilai tindakannya sendiri atas norma atau sistem nilai yang dipilih dan dianutnya sesuai dengan hati nuraninya.
3.   Mengidentifikasi dengan tokoh moralitas yang dipandang tepat dengan tipe idolanya.
3.   Mulai dapat memelihara jarak dan batas-batas kebebasan- nya mana yang harus dirundingkan dengan orang tuanya.
Perilaku Keagamaan
1.   Mengenai eksistensi dan sifat kemurahan dan keadilan Tuhan mulai dipertanyakan secara kritis dan skeptis.
1.   Eksistensi dan sifat kemurah-an dan keadilan Tuhan mulai dipahamkan dan dihayati menurut sistem kepercayaan atau agama yang dianutnya.
2.   Penghayatan kehidupan keagamaan sehari-hari dilakukan atas pertimbangan adanya semacam tuntutan yang memaksa dari luar dirinya.
2.   Penghayatan kehidupan keagamaan sehari-hari mulai dilakukan atas dasar kesadaran dan pertimbangan hati nuraninya sendiri secara tulus ikhlas
3.   Masih mencari dan mencoba menemukan pegangan hidup
3.   Mulai menemukan pegangan hidup
Konatif, Emosi,  Afektif dan Kepribadian
1.   Lima kebutuhan dasar (fisiologis, rasa aman, kasih sayang, harga diri dan aktualisasi diri) mulai menunjukkan arah kecenderungannya
1.   Sudah menunjukkan arah kecenderungan tertentu yang akan mewarnai pola dasar kepribadiannya.
2.   Reaksi-reaksi dan ekspresi emosionalnya masih labil dan belum terkendali seperti pernya-taan marah, gembira atau kesedihannya masih dapat berubah-ubah dan silih berganti dalam yang cepat
2.   Reaksi-reaksi dan ekspresi  emosinalnya tampak mulai terkendali dan dapat menguasai dirinya.


3.   Kecenderungan-kecenderungan arah sikap nilai mulai tampak (teoritis, ekonomis, estetis, sosial, politis, dan religius), meski masih dalam taraf eksplorasi dan mencoba-coba.
3.   Kecenderungan titik berat ke arah sikap nilai tertentu sudah mulai jelas seperti yang akan ditunjukkan oleh kecenderungan minat dan pilihan karier atau pendidikan lanjutannya; yang juga akan memberi warna kepada tipe kepribadiannya.
4.   Merupakan masa kritis dalam rangka meng-hadapi krisis identitasnya yang sangat dipengaruhi oleh kondisi psiko-sosialnya, yang akan membentuk kepribadiannnya.
4.   Kalau kondisi psikososialnya menunjang secara positif maka mulai tampak dan ditemukan identitas kepriba-diannya yang relatif definitif yang akan mewarnai hidupnya sampai masa dewasa.

loading...