Pengaruh kalsium untuk tubuh manfaat kalsium sumber kalsium, penyakit yang dapat di timbulkan akibat kekurangan kalsium langsung saja di skimak sekilas pengetahuan tentang kalsium,
http://dc715.files.wordpress.com/2013/02/cni-dc715-kalsium-tidak-hanya-buat-tulang.jpgKalsium merupakan zat yang dibutuhkan sejak bayi hingga usia tua.  Jumlah kebutuhan kalsium dapat dibedakan berdasar jenis kelamin dan  usia. Menurut salah satu dokter ahli gizi, kebutuhan kalsium yag  dibutuhkan orang Indonesia rata-rata adalah 500-800 mg per hari. Pada  usia lanjut dan wanita menopause dianjurkan asupan kalsium per hari  adalah 1.000 mg.

 Apakah manfaat kalsium?
 Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga dapat mencegah  timbulnya osteoporosis. Namun kalsium yang berada di luar tulang pun  mempunyai peran yang besar, antara lain mendukung kegiatan enzim,  hormon, syaraf dan darah. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh :

-Mengaktifkan syaraf
-Melancarkan peredaran darah
-Melenturkan otot
-Menormalkan tekanan darah
-Menyeimbangkan keasaman/kebasaan darah
-Menjaga keseimbangan cairan tubuh
-Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)
-Mencegah penyakit jantung
-Menurunkan resiko kanker usus
-Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
-Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
-Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
-Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
-Mengatasi Kaki tangan kering dan pecah-pecah
-Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
-Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)
 Hasil penelitian membuktikan bahwa kalsium lebih banyak dibutuhkan oleh kaum wanita daripada pria, alasannya:
 Menghindari Ancaman Osteoporosis, saat menopouse wanita akan  kehilangan  sejumlah besar  hormon estrogen yang bisa mengakibatkan  penyakit osteoporosis.Membantu pembentukan tulang dan gigi, 99 persen kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi.Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka.Menghindari sindrom pramenstruasi, pada siklus haid ketiga gejala  PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsiumMengurangi resiko gejala batu ginjal, kalsium memiliki efek  protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di  ginjal.Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium  selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi  dari resiko hipertensi.Apa sajakah yang menjadi sumber kalsium?

Sumber kalsium terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Bahan makanan  hewani yang mengandung kalsium antara lain adalah Ikan, Udang,susu,  kuning telur, dan daging sapi. Sayangnya, jika dikonsumsi berlebihan  bahan hewani ini, terutama daging sapi, bisa menghambat penyerapan  kalsium, karena kadar proteinnya tinggi. Kandungan proteinnya yang  tinggi akan meningkatkan keasaman (pH) darah. Guna menjaga agar keasaman  darah tetap normal, tubuh terpaksa menarik deposit kalsium (yang  bersifat basa) dari tulang, sehingga kepadatan tulang berkurang. Karena  itu, sekalipun kaya kalsium, makanan hewani harus dikonsumsi secukupnya  saja. Jika berlebihan, justru dapat menggerogoti tabungan kalsium dan  mempermudah terjadinya keropos tulang.
 Gejala awal kekurangan kalsium adalah lesu, banyak keringat, gelisah,  sesak napas, berkurang daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit,  berak-berak, insomnia, kram.
 Sebaiknya sejak usia muda kita perhatikan konsumsi kalsium, supaya hari tua kita terbebas dari kerusakan tulang.

 Kekurangan kalsium jelas menjadi masalah bagi tubuh terutama tulang.  Pertumbuhan tulang menurut beberapa peneliti hanya bisa terjadi sampai  di usia 20 tahun. Padahal remaja seumuran itu justu berhenti  mengkonsumsi susu. Di Indonesia, kebiasaan minum susu hanya terjadi pada  masa bayi dan balita saja. Setelah itu, mayoritas masyarakat Indonesia  tidak peduli akan pentingnya konsumsi kalsium ini.

 Penyakit akibat kekurangan kalsium
Seperti yang disebutkan diatas, kekurangan kalsium bisa menyebabkan 200  jenis penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin timbul diantaranya  adalah:
 Nyeri otot tulang
Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh  otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan,  pengendalian keseimbangan, gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan  tubuh ditentukan oleh stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot  tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Jika asupan  kalsium dalam tubuh tidak memadai, maka akan terjadi nyeri pada otot  tulang.
Keropos tulang/osteoporosis
Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen ang memberi kekerasan pada  tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu  menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium  yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang,  hingga volume tulang berkurang.
Kekebalan tubuh berkurang
Kekuranan kalsium mampu memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh.  Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka  dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa  ditangkal oleh system kekebalan tubuh.
Daya ingat berkurang
Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman  sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan  transmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme  kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme  rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada  anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan  super aktif.
Ganguan dalam jantung
Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar  kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap  sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung  secara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta  penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.Akibat kekurangan kalsium dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti  disebutkan di atas. Maka dari itu mulailah mengkonsumsi kalsium demi  menjaga tubuh anda dari penyakit. Anda dapat memperoleh kalsium tidak  hanya dari susu saja, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun pepaya,  daun singkong, daun labu dan sawi. Selain itu biji-bijian (kenari,  wijen dan almond) dan kacang-kacangan serta hasil olahannya (kedelai,  kacang merah, kacang polo, tempe, tahu), ikan teri kering, udang kering,  salmon, sardine merupakan makanan yang mengandung kalsium yang berguna  bagi tubuh anda.

 Kehilangan kepadatan tulang amat penting. Tulang yang rapuh bisa  mengakibatkan postur tubuh yang buruk, sakit di punggung, patah tulang  panggul, dan masih banyak lagi masalah kesehatan lainnya. Karena itulah  fungsi kalsium amat penting untuk tulang kita. Kristal pada kalsium di  dalam tulanglah yang menjaga tulang tetap kuat.

 Namun, layaknya jaringan lain di dalam tubuh, tulang kita juga  melepas jaringannya, dan kembali membentuk diri ketika tubuh menyerap  kalsium dan menutup kekurangan pada tulang tersebut. Sejak kecil kita  sudah diajarkan pentingnya membangun tulang yang kuat sedini mungkin.  Tetapi ketika kita bertambah dewasa pun kalsium tetap harus dikonsumsi  dalam menu harian. Sebab, ketika level kalsium dalam darah menurun,  makin banyak kalsium yang diambil dari tulang, ini yang menyebabkan  seseorang menderita osteoporosis. Wanita memerlukan lebih banyak zat  besi dan kalsium, karena mereka memiliki siklus haid yang memungkinkan  kalsium keluar berbarengan dengan darah yang keluar.
 Berikut adalah trik untuk menambah asupan kalsium harian Anda :

 1. Jangan lupa minum susu
Semakin kita dewasa, kita sering terlupa untuk minum susu. Ini adalah  kesalahan umum. Jika Anda tak memiliki permasalahan dengan susu (lactose intolerant),  atau vegan, maka meminum susu sehari-hari adalah cara terbaik mengasup  kalsium. Banyak yang salah mengartikan, bahwa dengan meminum susu  seseorang bisa jadi tambah gemuk, karena lemaknya. Padahal, jika ini  menjadi hambatan bagi Anda, Anda bisa memilih susu berkalsium tinggi  yang non-fat atau low-fat. Yoghurt, keju, butter, dan es krim juga bisa jadi sumber kalsium yang baik.

 2. Camilan
Coba cek kandungan kalsium yang terdapat dalam frozen yogurt yang sekarang banyak dijual di mal. Biasanya fro-yo mengandung kalsium antara 200-300 mg per gelasnya. Puding, cake, fudge, atau makanan pencuci mulut lainnya juga sering menggunakan susu (bisa mengandung kalsium hingga 600 mg).

 3. Makanan utama
Tambahan keju di dalam makanan utama juga bisa menjadi sumber kalsium. Contohnya, keju mozzarella, ricotta,  dan parmesan, yang mudah ditambahkan pada makanan utama seperti pasta.  Mulailah hari Anda dengan menambahkan keju di omelet atau telur  orak-arik Anda.

 4. Kalsium tambahan
Belakangan ini kalsium menjadi nutrisi tambahan yang amat penting,  bahkan sudah banyak makanan instan yang sudah dilengkapi dengan kalsium.  Contohnya, jus jeruk, sereal, susu kedelai, dan lainnya. Para produsen  makanan tentunya berusaha membantu para konsumen dengan menciptakan  produk yang kaya akan nutrisi, di antaranya kalsium.

 5. Makanan hijau
Brokoli, lettuce, bok choy, sawi, dan sayuran berdaun  hijau adalah sumber kalsium yang cukup baik. Masalahnya, kalsium pada  sayuran tak terlalu mudah diserap tubuh dibandingkan susu. Anda bisa  mencoba mengkombinasikan asupan sayuran Anda dengan menggabungkan bayam  atau lettuce. Taburkan juga wijen atau kacang (yang juga merupakan sumber kalsium yang baik) dan keju.

 6. Kombinasikan pil suplemen
Agar kalsium bisa diserap tubuh, diperlukan magnesium. Sebab jika  kandungan kalsium tinggi sementara magnesiumnya rendah, kulit juga bisa  kekurangan kepadatannya. Keseimbangan adalah kuncinya. Para ahli  merekomendasikan perbandingan 2:1 antara kalsium dan magnesium. Jika  Anda meminum suplemen 1.000 mg per hari, Anda akan butuh 500 mg  magnesium. Tubuh kita hanya bisa menyerap 500 mg dalam sekali waktu, dan  akan mengeluarkan sisanya. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi kalsium  dalam dosis rendah setiap harinya. Kalsium karbonat harus dikonsumsi  bersama makanan padat, sementara kalsium sitrat bisa dikonsumsi bersama  atau tanpa makanan.

 7. Padukan dengan vitamin D
Vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang, dan memiliki hubungan  yang bersinergi dengan kalsium. Disarankan agar tubuh terkena paparan  matahari selama 15 menit per hari. Namun, sinar matahari yang dimaksud  adalah sinar yang sehat, di bawah pukul 09.00. Sinar matahari bisa  membantu tubuh membangun vitamin D secara alami, namun biasanya tetap  dibutuhkan suplemen terpisah untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

 8. Kurangi kopi
Terlalu banyak konsumsi kafein mendorong pengeluaran kalsium dari dalam  tubuh. Jika memang Anda harus mengkonsumsi kopi, coba tambahkan susu  atau krim (tapi bukan non dairy creamer) ke dalam kopinya.

 9. Hati-hati dengan diet tinggi protein
Ada beberapa diet yang membuat pasiennya harus makan makanan hewani  saja. Padahal makanan hewani justru mencuri kalsium perlahan-lahan dari  tulang. Karena daging hewan mengandung banyak protein yang dipecah  menjadi komponen yang asam. Tubuh mencoba mengolah tersebut menggunakan  kalsium. Jika Anda banyak mengkonsumsi daging merah dan telur, maka Anda  perlu menambah asupan kalsium sehari-hari.
 Penurunan risiko ini terjadi karena kalsium mampu mengikat lemak yang  ada di saluran pencernaan. Alhasil, Anda tidak akan mendapat efek buruk  dari lemak yang menumpuk di usus besar. Jadi jelas bukan, betapa  pentingnya kalsium untuk tubuh kita? Makanya, jangan sampai mengalami  ‘krisis kalsium’.