Judul: Dark Parallel (The Joshua Files #4)
Penulis: M.G. Harris
Penerjemah: Nina Andiana
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hlm: 368
Tahun: Juni 2012
ISBN: 9789792284294
Rated: 4,5/5
Harga: IDR 50000

Sinopsis: 

Dark Parallel:
Selama ini Josh tidak sepenuhnya memahami konsekuensi perjalanan waktu: bahwa hal sekecil apa pun bisa mengubah masa lalu sekaligus masa depan, menciptakan dunia paralel yang tak terduga. Sampai ia dijebak dan terlempar ke masa keemasan bangsa Maya kuno—bersama Ixchel!

Kini Josh harus mengatasi berbagai bahaya dalam realitas paralel mengerikan yang muncul di hadapannya, berusaha memperbaiki kesalahan yang dilakukan penjelajah waktu misterius. Tetapi, bagi Josh, yang terpenting adalah memastikan Ixchel selamat dalam petualangan mendebarkan ini.

Review:

Josh kali ini tidak sendirian, justru kali ini Josh bertualang menembus ruang dan waktu bersama Ixchel.  Chemistry Josh dan Ixchel sejak buku pertama sudah kuat, and I was hoping they can made it and finally they really can make it work in Dark ParallelHubungan mereka tidak begitu baik karena Ixchel sekarang resmi berpacaran dengan Benicio sehingga Josh jadi cemburu setengah mati dan semua orang di Ek Naab membicarakan kisah cintanya yang tragis. But, at least M.G. Harris benar-benar memberikan mereka kesempatan dalam buku ini. Aaaw, Josh dan Ixchel cute abis deh pokoknya. Saya suka bagaimana Josh yang jaim malu-malu dan tersipu tentang setiap hal yang ia bayangkan mengenai Ixchel. Cuuuutee~

Berbagai clue yang terasa mengambang di seri-seri sebelumnya mulai banyak terjawab di buku ini. Mulai dari  fakta teknis penggunaan gelang Itzammna, penjelasan metafisika perjalanan waktu, konsekuensi yang di dapat akibat perjalanan waktu dan sebagainya dibahas dengan memuaskan di buku ini.

Terlalu banyak plot yang dimainkan. Di satu sisi rasanya agak sedikit melelahkan saat membacanya tapi malah bikin makin penasaran dan akan terus penasaran sampai buku ini habis. Dengan segala kunjungan Josh dan Ixchel ke berbagai spektrum waktu di dunia parallel yang berbeda, tentunya setiap dunia parallel itu membawa Josh menemui dunia yang berbeda. Dunia yang berbeda berarti kehidupan yang berbeda, artinya sejarah yang berbeda. Segala sesuatu yang kita alami sekarang sangat mungkin tidak pernah terjadi di dunia lainnya. Wow, Keren deh. 

The best thing about the book is The Parallel World. Mengagumkan sekali bagaimana buku ini menguak tentang realitas parallel yang dirangkum dalam logika metafisika sederhana--well, setidaknya mudah bagi saya untuk memahaminya sesederhana mungkin. Kau kembali ke masa lalu, dan Buum! akan selalu ada hal yang berubah di masa depan akibat intervensi kehadiranmu di masa lalu, apapun bentuknya. Itu yang dialami Josh dan Ixchel ketika mereka berkelana di dunia parallel yang berbeda. 

Tokoh-tokoh misterius yang sudah disinggung di buku-buku sebelumnya akhirnya menampakkan diri disini. Bagian paling keren adalah ketika Josh kembali ke masa lalu, bertemu dengan bangsa Calakmul yang sedang membangun piramida Maya sekaligus pengorbanan manusia dianggap lazim. Bahkan Josh kembali bertemu dengan Martineau--salah satu pemimpin sekte Huracan--musuhnya. 


Akhirnya Dark Parallel terbit juga, setelah tadinya Gramedia berencana mau menerbitkan buku ini di bulan April 2012 bersamaan dengan terbitnya buku kelima seri The Joshua Files oleh Scholastic Publisher. Mundur  sekitar sebulan lebih dari rencana awal, well saya tidak terlalu kecewa sebenarnya. Karena Dark Parallel terbit tidak lama setelah Zero Moment, bisa dibilang tidak ada satu tahun.. yah mungkin hanya sekitar enam bulan lamanya. Beruntung saya menang di Trisemester Giveaway yang diadakan di Mari Ngomongin Buku dan mba Alvina dengan baiknya mengirimkan buku yang gress banget baru terbit ini langsung ke kosan saya, thank you so much, aaaw~

Daaan~ karena buku ini menguak jauh lebih banyak rahasia-rahasia yang menegangkan serta membawa saya ke dalam perjalanan menembus ruang dan waktu, berpetualang di dunia parallel bersama Josh dan Ixchel di tempat exotis abad ke-7 dengan suku Maya, jadinya saya kasih nilai 4,5 bintang!! Splendid!

I Love the covers from GPU, setiap covernya penuh dengan gambar relik Maya yang unik~ 



My Review of the series:
2. The Joshua Files #2: Ice Shock
loading...