Memuat...

Konsep Usaha Daya dan Energi dalam fisika

Konsep usaha daya dan energi dalam fisika, Daya dalam fisika adalah laju energi yang dihantarkan atau kerja yang dilakukan per satuan waktu. Konsep usaha daya dan energi dalam fisika, usaha/daya adalah gaya yang bekerja pada suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berpindah, sementara energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Suatu benda dikatakan memiliki energi jika benda tersebut dapat melakukan usaha.

1.      Pengertian “Usaha” berdasarkan pengertian sehari-hari:
Kata “usaha” dalam pengertian sehari-hari ini tidak dapat dinyatakan dengan suatu angka atau ukuran dan tidak dapat pula dinyatakan dengan rumus matematis. Tetapi dalam fisika usaha merupakan definisi yang sudah pasti, mempunyai arti dan dapat dinyatakan dengan rumus matematis. Jadi pengertian usaha menurut bahasa sehari-hari sebagai “upaya” untuk mendapatkan sesuatu.

2.      Pengertian usaha dalam Fisika
Dalam fisika, usaha merupakan proses perubahan Energi dan usaha ini selalu dihubungkan dengan gaya (F) yang menyebabkan perpindahan (s) suatu benda. Dengan kata lain, bila ada gaya yang menyebabkan perpindahan suatu benda, maka dikatakan gaya tersebut melakukan usaha terhadap benda tersebut. Untuk selanjutnya, pengertian usaha yang akan dibahas pada buku ini adalah pengertian menurut ilmu fisika.