Dalam Bisnis tidak dapat di pungkiri adanya suatu persaingan nah dalam persaingan ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui jika kita menjadi pemilik atau pengelola sebuah perusahaan, upaya-upaya  untuk menghadapi persaingan dalam usaha
Upaya untuk selalu dekat dengan pelanggan secara reguler dilakukan oleh Infomedia sebagai bagian dari program kerja untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Karena kedekatan pelanggan ini akan selalu menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis perusahaan. Dalam acara Customer Gathering yang diselenggarakan oleh PT. Infomedia Nusantara di Medan pada tanggal 22 November 2012 itu , ada tiga hal penting yang dibahas dalam seminar yang dibawakan oleh Tan Ek Gie, Management Trainer and Consultant dari Proactive Management Services., yaitu Manpower – Human Resources, Managing Service Excellence dan Marketing Communications.
Untuk menghadapi tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi, semua personil di tingkat manajemen perusahaan harus menguasai pengetahuan umum dalam mengelola SDM. Empat Fungsi Manajemen SDM di bawah ini bisa dipakai untuk penambahan wawasan bagi kita semua:
1. Merekrut karyawan yang berkompeten.
2. Mempersiapkan karyawan agar bisa bekerja.
3. Memotivasi karyawan agar mau bekerja.
4. Mempertahankan karyawan yang berprestasi.
Saat ini penilaian terhadap kinerja karyawan dianggap sangat penting karena prestasi perusahaan hanya bisa tercapai kalau kita memiliki SDM yang berkompeten. Dua bidang penting yang terkait dalam penilaian adalah Sikap dan Perilaku (misalnya kejujuran, kepercayaan, tanggung jawab dan lain sebagainya). Bidang lain adalah Pengatahuan dan Keterampilan (misalnya berwawasan luas dan terampil di bidangnya).
Memiliki SDM yang berkualitas dan profesional adalah syarat mutlak untuk bisa memenangkan persaingan. SDM kita harus memiliki keterampilan konseptual; keterampilan antarpribadi; keterampilan teknis; keterampilan manajerial serta keterampilan kepemimpinan.
Dalam persaingan bisnis, harga bukanlah satu-satunya hal penting. Perusahaan yang mampu mengelola pelayanan prima selalu memperoleh keberhasilan jangka panjang. Perusahaan yang berhasil meraih kepuasan pelanggan adalah perusahaan yang fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Pada dasarnya pelanggan kita memiliki dua kebutuhan dasar yaitu ”Kebutuhan Praktis” dan ”Kebutuhan Emosional”. Selain barang atau jasa yang diperoleh pelanggan (kebutuhan praktis), mereka ingin dilayani secara profesional (kebutuhan emosional).
Hal-hal penting dalam pelayanan prima seperti Pelayanan Reaktif dan Pelayanan Proaktif. Pelayanan Reaktif adalah pelayanan yang diberikan untuk memenuhi permintaan pelanggan, sedangkan Pelayanan Proaktif adalah pelayanan yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau pelayanan ditawarkan sebelum ada permintaan.
Dengan memiliki SDM yang berkompeten, maka perusahaan dapat merencanakan serta mendisain service yang paling mendekati keinginan pelanggan. Kemudian service tersebut disampaikan oleh SDM yang bertanggung jawab kepada pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan yang loyal.
Bidang yang tidak kalah penting adalah Marketing Communications namun sering diabaikan oleh para pengusaha. Banyak diantara mereka masih beranggapan bahwa fungsi pemasaran sama dengan penjualan sehingga selalu menuntut hasil yang instan. Oleh karena itu marilah kita memahami fungsi pemasaran dan manfaatnya melalui Marketing Mix.
Marketing Mix yang juga disebut sebagai 4 P’s adalah: Product, Price, Promotion, Place. Pengetahuan tentang Marketing Mix ini dapat diperoleh dari buku-buku pemasaran dan tidak sulit dipelajari.
Satu hal yang perlu kita tekankan di sini adalah Promotion atau Marketing Communications. Mengkomunikasikan barang atau jasa yang Anda miliki kepada publik adalah hal yang sangat penting.
Manfaatnya adalah para konsumen atau pengguna jasa dapat mengetahui keberadaan perusahaan Anda serta dapat menghubungi personil perusahaan Anda dengan cara yang sangat mudah. Agar pelaksanaan Promotion, Marketing Communication dan Advertising Anda bisa berjalan dengan eisien dan efektif, serahkan sepenuhnya kepada PT. Infomedia Nusantara. Sebuah kutipan untuk mengakhiri artikel ini: “Advertising is the life of trade.” – Calvin Coolidge. (Tan Ek Gie)