Dalam Bisnis tidak dapat di pungkiri adanya suatu persaingan nah dalam persaingan ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui jika kita menjadi pemilik atau pengelola sebuah perusahaan, upaya-upaya untuk menghadapi persaingan dalam usaha,
Upaya untuk selalu dekat dengan
pelanggan secara reguler dilakukan oleh Infomedia sebagai bagian dari
program kerja untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Karena
kedekatan pelanggan ini akan selalu menjadi faktor penting dalam
menjalankan bisnis perusahaan. Dalam acara Customer Gathering yang
diselenggarakan oleh PT. Infomedia Nusantara di Medan pada tanggal 22
November 2012 itu , ada tiga hal penting yang dibahas dalam seminar yang
dibawakan oleh Tan Ek Gie, Management Trainer and Consultant dari
Proactive Management Services., yaitu Manpower – Human Resources,
Managing Service Excellence dan Marketing Communications.
Untuk menghadapi tingkat persaingan
bisnis yang semakin tinggi, semua personil di tingkat manajemen
perusahaan harus menguasai pengetahuan umum dalam mengelola SDM. Empat
Fungsi Manajemen SDM di bawah ini bisa dipakai untuk penambahan wawasan
bagi kita semua:
1. Merekrut karyawan yang berkompeten.
2. Mempersiapkan karyawan agar bisa bekerja.
3. Memotivasi karyawan agar mau bekerja.
4. Mempertahankan karyawan yang berprestasi.
Saat ini penilaian terhadap kinerja
karyawan dianggap sangat penting karena prestasi perusahaan hanya bisa
tercapai kalau kita memiliki SDM yang berkompeten. Dua bidang penting
yang terkait dalam penilaian adalah Sikap dan Perilaku (misalnya
kejujuran, kepercayaan, tanggung jawab dan lain sebagainya). Bidang lain
adalah Pengatahuan dan Keterampilan (misalnya berwawasan luas dan
terampil di bidangnya).
Memiliki SDM yang berkualitas dan
profesional adalah syarat mutlak untuk bisa memenangkan persaingan. SDM
kita harus memiliki keterampilan konseptual; keterampilan antarpribadi;
keterampilan teknis; keterampilan manajerial serta keterampilan
kepemimpinan.
Dalam persaingan bisnis, harga bukanlah
satu-satunya hal penting. Perusahaan yang mampu mengelola pelayanan
prima selalu memperoleh keberhasilan jangka panjang. Perusahaan yang
berhasil meraih kepuasan pelanggan adalah perusahaan yang fokus pada
kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Pada dasarnya pelanggan kita memiliki
dua kebutuhan dasar yaitu ”Kebutuhan Praktis” dan ”Kebutuhan Emosional”.
Selain barang atau jasa yang diperoleh pelanggan (kebutuhan praktis),
mereka ingin dilayani secara profesional (kebutuhan emosional).
Hal-hal penting dalam pelayanan prima
seperti Pelayanan Reaktif dan Pelayanan Proaktif. Pelayanan Reaktif
adalah pelayanan yang diberikan untuk memenuhi permintaan pelanggan,
sedangkan Pelayanan Proaktif adalah pelayanan yang ditawarkan untuk
mengantisipasi kebutuhan pelanggan atau pelayanan ditawarkan sebelum ada
permintaan.
Dengan memiliki SDM yang berkompeten,
maka perusahaan dapat merencanakan serta mendisain service yang paling
mendekati keinginan pelanggan. Kemudian service tersebut disampaikan
oleh SDM yang bertanggung jawab kepada pelanggan yang nantinya akan
menjadi pelanggan yang loyal.
Bidang yang tidak kalah penting adalah
Marketing Communications namun sering diabaikan oleh para pengusaha.
Banyak diantara mereka masih beranggapan bahwa fungsi pemasaran sama
dengan penjualan sehingga selalu menuntut hasil yang instan. Oleh karena
itu marilah kita memahami fungsi pemasaran dan manfaatnya melalui
Marketing Mix.
Marketing Mix yang juga disebut sebagai 4
P’s adalah: Product, Price, Promotion, Place. Pengetahuan tentang
Marketing Mix ini dapat diperoleh dari buku-buku pemasaran dan tidak
sulit dipelajari.
Satu hal yang perlu kita tekankan di
sini adalah Promotion atau Marketing Communications. Mengkomunikasikan
barang atau jasa yang Anda miliki kepada publik adalah hal yang sangat
penting.
Manfaatnya adalah para konsumen atau
pengguna jasa dapat mengetahui keberadaan perusahaan Anda serta dapat
menghubungi personil perusahaan Anda dengan cara yang sangat mudah. Agar
pelaksanaan Promotion, Marketing Communication dan Advertising Anda
bisa berjalan dengan eisien dan efektif, serahkan sepenuhnya kepada PT.
Infomedia Nusantara. Sebuah kutipan untuk mengakhiri artikel ini:
“Advertising is the life of trade.” – Calvin Coolidge. (Tan Ek Gie)