alergi obat

Alergi obat, Mungkin kedengarannya aneh tapi hal ini sering terjadi disekitar kita. Mungkin kita sering mendengar tentang alergi makanan yang akan membuat kita gatal-gatal karena makanan yang masuk kedalam tubuh kita, tidak diterima oleh tubuh sehingga tubuh melakukan perlawanan yang akibatnya malah merugikan tubuh kita sendiri. Tapi disini bukan akan membahas alergi makanan melainkan alergi obat.

Ini pengalaman saya beberapa hari yang lalu. Saat itu saya pergi kerumah sakit untuk berobat, disana aku diberikan resep obat untuk kemudian aku harus pergi ke farmasi buat menebus obat tersebut. Setelah obat saya tebus, saya pulang dan minum obat dirumah. Taklama setelah aku minum obat tersebut, badan terasa panas dan sedikit gatal. aku perhatikan lama-lama banyak bentolan kecil seperti digigit nyamuk.

Semakin lama semakin khawatir, karena gatal2 juga menjalar kedaerah intim dan wajah, Telapak tangan dan kaki juga ikut bengkak. Dalam keadaan panik, aku putuskan untuk kembali ke Rumah sakit dimana dokter memberikan resep. Disana diminta obat yang aku minum tadi dan katanya aku alergi terhadap obat yang saya minum. Obat yang saya minum adalah jenis obat antibiotik. Tak lama kemudian seperti mau pinsan karena kepala mendadak pusing dan pandangan buyar. Mungkin jika kurang cepat ke rumah sakit bisa saja saya Pingsan di motor. Setelah minum obat dari dokter yaitu obat anti alergi, tak lama bentol2 di tubuh hilang tapi masih sedikit pusing.

Menurut dokter, Alergi obat bisa terjadi karena tubuh saya menolak obat yang saya minum, akan tetapi penolakan tersebut malah merugikan tubuh saya sendiri.

Tips Cara Mengatasi Alergi obat

Dari sedikit cerita yang saya alami diatas, bisa dibuat semacam tips bagi anda yang muungkin nanti terkena alergi obat.

  • Segera hentikan mengkonsumsi obat tersebut jika dirasa ada yang aneh dengan tubuh kita
  • Pergi kedokter terdekat untuk dilakukan pertolongan pertama agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.
  • Jangan pergi kedokter sendirian, karena efek alergi bisa menimbulkan pusing yang luar biasa dan hal ini bisa mengancam keselamatan anda di jalan jika tiba2 dijalan anda pusing atau pinsan
  • Tulislah jenis obat yang membuat anda alergi kemudian simpan didalam dompet. Hal ini sebagai pengingat agar ketika suatu saat nanti anda membeli obat, anda tidak membeli jenis obat tersebut.
  • Setelah minum obat anti alergi dari dokter, silahkan tunggu sebentar di Tempat anda berobat jangan langsung pergi. Hal ini untuk berjaga-jaga apakah obat yang diberikan dokter tadi mampu mengatasi alergi obat yang anda alami.

Alergi terhadap obat, murni bukanlah kesalahan dokter Hal ini juga sering dianggap orang sebagai malpraktek, tetapi ini bukanlah malpraktek. Hal ini terjadi karena tubuh kita tidak kuat menerima obat tersebut. dan biasanya obat yang membuat alergi adalah jenis obat antibiotik. Semoga sedikit pengalaman saya ini bisa membantu dan anda bisa tau bagaimana cara mengatasi alergi obat

Image : Detik.com

loading...