Konsep Belajar dan Prinsip-prinsip Belajar Anak
Belajar
adalah proses perubahan perilaku berdasarkan pengalaman dan latihan.
Prinsip-prinsip belajar merupakan suatu ketentuan yang harus dilakukan
anak ketika ia belajar.
Anak adalah
pebelajar aktif. Ketika bergerak anak mencari stimulasi yang dapat
meningkatkan kesempatan untuk belajar. Anak menggunakan seluruh tubuhnya
sebagai alat untuk belajar. Anak secara energik mencari cara untuk
menghasilkan potensi maksimum.
Belajar
anak dipengaruhi kematangan. Guru harus memahami bagaimana kematangan
anak dapat dicapai dan apa yang perlu dilakukan untuk memfasilitasi
matangan tersebut.
Belajar anak dipengaruhi oleh lingkungan. Tidak hanya lingkungan fisik tetapi juga lingkungan belajar.
Anak
belajar melalui kombinasi lingkungan fisik, sosial dan refleksi. Dengan
pengalaman tersebut anak memperoleh pengetahuannya. Tugas guru bagaimana
menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak memperoleh pengalaman
fisik, sosial dan mampu merefleksikannya.
Anak belajar dengan gaya yang berbeda. Ada yang tipe visual, tipe auditif dan tipe kinestetik.
Anak
belajar melalui bermain. Melalui bermain anak dapat memahami menciptakan
memanipulasi simbol-simbol dan mentransformasi objek-objek tersebut
Variabel Strategi Pembelajaran
Tujuan.
Karakteristik tujuan perlu dipertimbangkan dalam memilih dan menggunakan
strategi pembelajran, apakah berkaitan dengan, pengembangan kognitif,
bahasa, sosial emosi, fisik, moral agama , motorik.
Tema, tema
pembelajaran di TK, meliputi 20 tema, masing-masing tema memiliki
karakteristik tersendiri. Dalam memilih dan menggunakan strategi
pembelajaran karakteristik tema merupakan salah satu faktor yang perlu
dipertimbangkan.
Kegiatan.
Kegiatan perlu pula dipertimbangakan karena belajar di TK tidak hanya
dilaksanakan di dalam kelas tetapi juga ada kegiatan belajar di luar
kelas.
Anak. Anak
perlu dipertimbangkan, karena anak memilki karakteristik dalam
perkembangan dan belajarnya anak itu unik dan memilki potensi untuk
belajar.
Media dan
Sumber belajar. Media dan sumber belajar yang dipilih harus dapat
mendukung terlaksananya proses belajar yang efektif dan relevan dengan
strategi pembelajaran yang dipilih guru.
Guru-guru
merupakan faktor penentu dalam keberhasilan belajar anak. Kepiawaian
guru dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran merupakan
faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar anak.