Penelitian Tindak Kelas (PTK) Bahasa Inggris MENYUSUN LAPORAN PTK
BAB I  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
1. Melaporkan pelaksanaan pembelajaran sehari-hari yang meliputi:
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti,
c. Kegiatan Penutup
d. pelaksanaan penilaian atau tes:
- menjelaskan cara melakukan tes
- tulis soal tesnya
- menjelaskan hasil tes yang meliputi:
  1. jumlah skor yang diperoleh dan skor rata-rata yang dicapai
  2. skor maksimal dan bobot maksimal setiap soal
  3. skor KKM (KKM sebaiknya besar) dan bobot KKM setiap soal
  4. prosentasi skor rata-rata yang tercapai
a. Melakukan Refleksi:
  1. Mengolah hasil tes untuk mengidentifikasi masalah yang meliputi:
  • Laporkan soal atau indikator yang telah tercapai (nilainya sama atau lebih tinggi dari nilai KKM yang ditetapkan)
  • Laporkan soal atau indikator yang belum tercapai (nilainya lebih rendah dari nilai KKM yang ditetapkan)
  • Jelaskan bahwa soal atau indikator yang belum tercapai merupakan masalah yang harus segera diatasi
  1. Mencari sebab-sebab tidak tercapainya soal atau indikator tersebut,melalui penelaahan secara kritis dan cermat terhadap proses pembelajaran yang dilakukan ketika mencapai indikator tersebut
  2. Nyatakan bahwa ketidak-tercapaian soal atau indikator tersebut, karena kesalahan penggunaan metode pembelajaran.
  3. Nyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran tersebut tidak relevan dan harus diganti dengan metode pembelajaran yang lain yang memenuhi standar proses atau sistem pendidikan nasional.
  4. Nyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran yang baru tersebut dilakukan melalui penelitian tindakan kelas.
  5. Jelaskan manfaat mempelajari KD dan indikator tersebut bagi siswa yaitu sebagai:
1) dasar mempelajari KD dan indikator yang lain.
2) bekal hidup bagi siswa dalam menjalani hidup dalam:
- keluarga atau  masyarakat
- warga negara atau warga dunia
- warga dunia usaha atau dunia industri
- atau yang lainnya
B. Cara Mengatasi Masalah
  • Jelaskan bahwa metode pembelajaran yang baru tersebut dapat mengatasi masalah
  • kutipkan teorinya yang mudah diterapkan dalam pembelajaran di  kelas.
  • Jelaskan secara singkat kutipan teori tsb. dengan kalimat sendiri sebagai upaya untuk mengatasi masalah.
  • Nyatakan keyakinkan Anda, bahwa dengan menerapkan teori tsb. maka masalah dapat diatasi.
  • Tuliskan judul penelitian secara lengkap (KD yang gagal, metode yang digunakan, sekolah tempat bekerja, dan kelas yang diajar)
C. Rumusan Masalah
Misal :
Apakah dengan menerapkan model Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Siswa siswa?
D. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
membiasakan hidup hemat melalui model kontekstual (mengacu rumusan masalah)
E. Manfaat Penelitian
Jelaskan apa yang dirasakan oleh siswa, peneliti, guru lain, pengawas, dsb. atau manfaat secara teoretik dan praktis
BAB II   KAJIAN  TEORETIS
Penerapan model model Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Siswa siswa?
  1. A. Pembelajaran Kemampuan Berbicara
  2. B. Model Role Play
  3. C. Pola Pikir/Kerangka Berpikir
Pola pikir/ kerangka berpikir peneliti dalam menerapkan metode pembelajaran tersebut dalam pembelajaran KD yang dimaksud yaitu,  bagaimana cara menerapkan metode Role Playl dalam pembelajaran berbicara (speaking)
(Pola pikir ini dijadikan strategi pembelajaran dalam RPP siklus I dan II)
  1. D. Hipotesis
(Jawaban rumusan masalah)
“Jika model Role Play diterapkan dalam pembelajaran Speaking (berbicara) maka kemampuan berbicara siswa dapat meningkat”
BAB III. METODE  PENELITIAN
(Rencana Penelitian Tindakan Kelas )
A. Prosedur Penelitian
1. Merencanakan PTK
a. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun RPP KD tertentu yang
meliputi KD dan Indikator (Kutip dari Kurikulum 2004/KTSP) serta
menyusun strategi pembelajaran.
b. Menjelaskan bahwa peneliti bahan ajar, soal tes, pedoman
observasi,  dan mempersiapkan segalanya yang diperlukan.
2.  Melaksanakan PTK
Menjelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari,
tanggal,dan waktu  serta jumlah jam pelajaran (minimal 4 jp)
3.  Melakukan observasi
a. Menjelaskan observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman
observasi terhadap proses pembelajaran sebagai laporan hasil
penelitian secara kualitatif
b. Menjelaskan proses dan hasil tes sebagai laporan hasil penelitian
secara kuantitatif untuk membuktikan hipotesis.
4. Melakukan Refleksi
(Mengolah hasil tes untuk mengidentifikasi masalah)
a. Menjelaskan bahwa refleksi dilakukan untuk mencari indikator yang
tercapai dan yang gagal, serta mencari penyebabnya melalui
penelaahan secara kritis dan cermat terhadap proses
pembelajaran yang dilakukan ketika mencapai indikator tersebut.
b. Menjelaskan bahwa ketidak-tercapaian soal atau indikator tersebut,
karena kesalahan penggunaan metode pembelajaran dan harus
diganti dengan metode pembelajaran yang lain yang memenuhi
standar proses atau sistem pendidikan nasional.
B.Teknik Pengumpulan Data
Menjelaskan bahwa teknik observasi untuk mengumpulkan data
kualitatif untuk laporan hasil penelitian dan teknik tes untuk
mengumpulkan data kuantitatif untuk membuktikan hipotesis
C. Teknik Pengolahan Data
Menjelaskan bahwa teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan cara mengurangi hasil tes siklus II,pertemuan ke-2 dengan hasil  tes siklus I,pertemuan ke-1 selanjutnya diubah menjadi bentuk diagram batang dan lingkaran
BAB IV
Hasil Penelitian dan Pembahasan
  1. A. Hasil Penelitian
1. Hasil Penelitian Siklus Pertama
Pertemuan kesatu dan kedua
a. Merencanakan PTK Siklus Pertama
Pertemuan I
a. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun RPP KD tertentu yang meliputi KD dan Indikator (Kutip dari Kurikulum 2004/KTSP) dan menyusun strategi pembelajaran
b. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun bahan ajar, soal tes, pedoman pengamatan, dan mempersiapkan segalanya yang diperlukan.
c. Jelaskan bahwa semua itu dilampirkan.
b. Melaksanakan PTK Siklus
Pertama Pertemuan I:
Jelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari,
tanggal, bulan dan tahun serta jumlah jam pelajaran
c. Pelaksanaan Observasi Siklus Pertama
Pertemuan I
1) Pelaksanaan Observasi
Jelaskan bahwa observasi dilakukan oleh tiga orang observer yaitu…
terhadap proses pembelajaran …dan proses dan hasil tes.
2) Hasil Observasi
a.  Deskripsikan hasil observasi terhadap pembelajaran sebagaimana
yang terjadi di kelas dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
b.  Deskripsikan hasil tes dalam bentuk tabel yang meliputi meliputi
jumlah dan rata-rata skor yang dicapai, skor /bobot maksimal setiap
soal/indikator,skor /bobot KKM, dan prosentasi skor yang tercapai
atau yang belum tercapai.
d. Merencanakan PTK Siklus Pertama
Pertemuan II
Jelaskan bahwa RPP yang digunakan dalam pembelajaran adalah RPP
yang sama denga pertemuan I
e. Melaksanakan PTK Siklus Pertama
Pertemuan II:
Jelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari, tanggal, bulan dan tahun serta jumlah jam pelajaran
f. Pelaksanaan Observasi Siklus Pertama
Pertemuan II
1) Pelaksanaan Observasi
Jelaskan bahwa observasi dilakukan oleh tiga orang observer yaitu…
terhadap proses pembelajaran …dan proses dan hasil tes.
2) Hasil Observasi
a)  Deskripsikan hasil observasi terhadap pembelajaran sebagaimana
yang terjadi di kelas dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
tentang
(1) tampilan fisik siswa dan guru;
(2) dialog sebagaimana yang terjadi dalam pembelajaran;
(3) lingkungan fisik atau kelas dengan berbagai situasinya
(4) kejadian-kejadian khusus yang dilakukan oleh siswa
(5) berbagai aktivitas siswa dan guru dalam mengimplementasikan
tahapan-tahapan  model pembelajaran; serta
(6) pikiran dan perasaan peneliti perlu dideskripsikan secara rinci,
karena dalam penelitian kualitatif peneliti merupakan bagian
dari penelitian, (Muhadjir,1998).
b) Deskripsikan hasil tes dalam bentuk tabel yang meliputi meliputi
jumlah dan rata-rata skor yang dicapai, skor /bobot maksimal setiap
soal/indikator,skor /bobot KKM setiap soal/indikator, dan prosentasi
skor yang tercapai atau yang belum tercapai.
4. Melakukan Refleksi Siklus Pertama
Pertemuan II:
a. Tujuan Refleksi
1) mencari dan menemukan indikator- indikator yang telah tercapai
dan yang belum tercapai dengan membandingkan antara rata-rata
skor setiap soal/ indikator dan seluruh soal dengan skor KKM
2) peneliti mencari penyebab dan solusi untuk mengatasinya.
b. Hasil refleksi
1) menjelaskan tabel hasil tes setiap nomor soal/indikator untuk
setiap kelompok dan seluruh kelompok
2) menjelaskan tabel hasil tes seluruh nomor soal/indikator
untuk setiap kelompok dan seluruh kelompok
3) menjelaskan tabel skor yang dicapai oleh setiap kelompok dan
seluruh kelompok setiap soal/ indikator
4) menjelaskan tabel skor yang dicapai oleh setiap kelompok dan
seluruh kelompok seluruh soal/ indikator
c. Penyebab Kegagalan
Menjelaskan penyebab kegagalan proses pembelajaran setiap soal/
indikator dalam mencapai KKM dilihat dari:
1.  penerapan teori
2.  urutan pembelajaran
3.  atau yang lainnya.
d. Solusi untuk Mengatasi Masalah
Menjelaskan solusi untuk mengatasi sebab-sebab kegagalan di atas.
e. Kesimpulan Solusi
Menjelaskan bahwa solusi tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki RPP siklus pertama dan akan digunakan sebagai RPP siklus kedua pertemuan kesatu dan pertemuan kedua.
2. Hasil Penelitian Siklus Kedua
Pertemuan I dan Pertemuan II
a.Merencanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan I
Memperbaiki RPP siklus pertama sesuai dengan hasil refleksi siklus I
b. Melaksanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan I
c. Pelaksanaan Observasi Siklus Kedua Pertemuan I
a. Pelaksanaan Observasi
b. Hasil Observasi
d. Melakukan Refleksi Siklus Kedua Pertemuan I
1) Tujuan Refleksi
2) Hasil refleksi
3) Penyebab Kegagalan
4) Solusi untuk mengatasi Masalah
5) Kesimpulan Solusi
(dilaporkan sebagaimana siklus pertama pertemuan 1 dan II)
e.Merencanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan II
Tidak dilakukan sebab masih menggunakan RPP pertemuan pertama.
f. Melaksanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan II
g. Pelaksanaan Observasi Siklus Kedua Pertemuan II
1) Pelaksanaan Observasi
2) Hasil Observasi
h. Melakukan Refleksi Siklus Kedua Pertemuan II
1) Tujuan Refleksi
2) Hasil refleksi dinyatakan dalam bahwa hasil belajar telah
mencapai skor KKM bahkan mencapai skor maksimal dan
penelitian dinyatakan selesai
(dilaporkan sebagaimana siklus pertama pertemuan 1 dan II)
B. Pembahasan Hasil Penelitian
Masalah yang dibahas adalah:
  1. Ketercapaian setiap indikator setiap kelompok
2.  Ketercapaian setiap indikator secara klasikal
3.  Ketercapaian seluruh indikator setiap kelompok
4.  Ketercapaian seluruh indikator secara klasikal, dengan cara mencari
selisih hasil tes siklus kedua pertemuan II dikurangi hasil tes siklus
pertama pertemuan I
Keterangan:
Hasil pembahasan di atas diubah ke dalam bentuk grafik garis atau
diagram batang dan diagram  lingkaran
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Kesimpulan
1. Mengutip hasil pembahasan yang dapat digunakan untuk
membuktikan hipotesis.
2. Menyatakan bahwa hipotesis terbukti
B. Rekomendasi/ Saran
1. diberikan kepada rekan guru, pengawas, atau pejabat  terkait.
2. dan lainnya.
IV. Lampiran-lampiran:
  1. Nama-nama Anggota Kelompok
  2. Bahan Ajar
  3. Tugas-tugas Siswa
  4. Kunci Jawaban
  5. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
  6. Pedoman Observasi
  7. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
  8. Lembar Kerja kelompok (asli tulisan siswa)
  9. Foto Kegiatan Belajar
V. Kelengkapan lain yang diperlukan:
  1. Lembar Persetujuan dari Kepala Sekolah
  2. Surat Pernyataan dari Pengelola Perpustakaan Sekolah
  3. KATA PENGANTAR
  4. DAFTAR ISI
  5. DAFTAR TABEL
  6. DAFTAR DIAGRAM
DAFTAR LAMPIRAN
sumber 
loading...