Amerika serikat (AS) Berminat Memperluas Kerjasama Dalam Bidang Perdagang dengan Indonesia

Posted by

Ternyata  Bagi AS, Indonesia merupakan salah satu dari perekonomian terkuat di Asia Tenggara
Amerika Serikat (AS) berminat memperluas kerjasama dagang dengan Indonesia di sektor produk makanan dan pertanian. Maka Wakil Menteri Pertanian AS untuk Dinas Pertanian dan Peternakan Luar Negeri, Michael Scuse, memimpin 20 perusahaan dalam sebuah Misi Perdagangan dan Investasi ke Indonesia selama 4-7 April 2011.

“Dalam upaya membangun masa depan perekonomian Amerika yang kuat, Indonesia akan terus menjadi mitra dagang AS yang penting,” kata Scuse, dalam pernyataan tertulis kepada VIVAnews hari ini.


Menurut Scuse, Indonesia merupakan salah satu dari perekonomian terkuat di Asia Tenggara dengan iklim usaha yang aktif dan dinamis serta kalangan kelas menengah yang berkembang. "Ini memberikan peluang untuk meningkatkan ekspor produk makanan dan pertanian AS serta mendorong investasi,” kata Scuse.


Dia juga mengungkapkan bahwa dalam 15 tahun terakhir, perdagangan produk pertanian antara kedua negara meningkat pesat lebih dari dua kali lipat.

Dalam kunjungan ke Jakarta, Scuse akan membuka pameran Food and Hotel Indonesia Trade Show di Jakarta pada 6 April 2011. Kedua ajang ini merupakan bagian dari Prakarsa Ekspor Nasional atau National Export Initiative (NEI) yang dicanangkan Presiden Barack Obama.

Program NEI ini untuk mengkoordinasikan tugas pemerintah pusat AS dalam upaya meningkatkan ekspor AS sebanyak dua kali lipat pada tahun 2014 dan menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru. "Setiap US$1 juta ekspor produk pertanian menciptakan sekitar 8.400 pekerjaan di Amerika Serikat. Ekspor produk pertanian sendiri saja akan menciptakan lebih dari 1,1 juta lapangan kerja pada tahun 2011," kata Scuse.

Perusahaan AS yang akan hadir pada pameran itu meliputi produsen makanan dan produk pertanian dalam skala luas, mulai dari komoditas bahan mentah hingga produk siap makan, produk kayu, teknologi hijau, peralatan pertanian, serta penyedia jasa transportasi dan logistik.

Perusahaan-perusahaan ini akan bertemu dengan 100 produsen, importer, pembeli, distributor, dan investor asal Indonesia untuk mengembangan hubungan dagang, mengusulkan kemitraan bersama.

Melalui Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia yang disepakati pada kunjungan Obama ke Jakarta November tahun lalu , kedua negara berupaya untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan hubungan komersial, serta menciptakan peluang besar bagi kerja sama dan pembangunan ekonomi.

vivanews.com

Related Post